Wednesday, 2 October 2013

**Mengenal Mu’aqqibat Para Malaikat Penjaga & Pelindung Berdasarkan Syariah**


Al-Muâ??aqqibat (Arab:اÙ?Ù?عÙ?باØ&ordf adalah para malaikat yang menjaga setiap makhluk pada waktu bermukim, bepergian, waktu tidur atau ketika terjaga dari kematian sampai datang waktu kematian yang telah ditetapkan. Para malaikat ini termasuk dalam golongan Hafazhah (Para Penjaga).

Kata al-muâ??aqqibat adalah bentuk jamak dari kata al-muaâ??qqibah. Kata tersebut diambil dari kata â??aqiba yang berarti tumit, dari sini kata tersebut dipahami dalam arti mengikuti seakan-akan yang mengikuti itu meletakkan tumitnya di tempat tumit yang diikutinya. Pola kata yang digunakan di sini mengandung makna penekanan bahasa dan dimaksud adalah para malaikat-malaikat yang ditugaskan Allah mengikuti setiap makhluk secara sungguh-sungguh.

Para malaikat yang ditugaskan menjaga seorang hamba dalam segala ihwalnya, tercantum dalam Al Qur'an Ar-Raâ??du 10-11, yang berbunyi:

Sama saja (bagi Tuhan), siapa di antaramu yang merahasiakan ucapannya, dan siapa yang berterus terang dengan ucapan itu, dan siapa yang bersembunyi di malam hari dan yang berjalan (menampakkan diri) di siang hari. Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah." (Ar-Raad: 10-11)

Ibnu Abbas menjelaskan, â??Mereka adalah para malaikat yang menjaga manusia dengan perintah Allah, jika ada takdir yang akan menimpanya maka malaikat ini menyingkir darinya.â??

Hal yang sama juga dijelaskan ahli tafsir dari kalangan Tabiâ??in, yang bernama Imam Mujahid. Ia menjelaskan ayat ini, â??Pada masing-masing manusia ada seorang malaikat penjaga, mereka menjaga orang tersebut dengan perintah Allah.â??

Kemudian surat Al-An'am yang berbunyi:
Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hambaNya, dan diutusNya kepadamu malaikat-malaikat penjagaâ?¦(Al-Anâ??am: 61)

Dalam hadits shahih dari Abdullah, yang dicatat oleh Imam Ahmad, Muhammad pun pernah bersabda tentang adanya makhluk malaikat dan jin yang menyertai setiap manusia.
Dalam hadits lain dikatakan bahwa â??Para malaikat bergiliran untukmu pada malam dan siang hari. Mereka berkumpul dalam salat subuh dan salat ashar. Kemudian malaikat malam naik kepada Allah. Allah bertanya, kepada para malaikat sedang Dia lebih mengetahui tentang kamu, "Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku saat kamu tinggalkan?" Para malaikat berkata, "Kami mendatangi mereka sedang mengerjakan salat dan kami meninggalkan mereka sedang salat pula."â??

http://id.wikipedia.org/wiki/Mu%E2%80%99aqqibat

Malaikat Muâ??aqqibat akan menjaga & melindungi anak adam dari marabahaya di alam kehidupan ini dengan izin Allah SWT.....
dan jika takdir kematian tiba atas seseorang maka mereka akan meninggalkannya.

Manusia tidak akan mampu untuk menguasai & memerintahkan malaikat mu'aqibat. Mereka hanya tunduk sepenuhnya kepada Sang Pencipta Alam Semesta.

Salam

Jika anda berhadapan dengan perampok atau penjahat atau pelaku kriminalitas lainnya bacalah ayat kursi 3x insya allah anda akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

No comments:

Post a Comment